Sejarah Usada Bali Part 1

Usada Bali sebagai kekayaan pengetahuan lokal masyarakat masih dipelihara masyarakat Bali sebagai pemilik tradisi. Hal itu terbukti dengan ditemukannya khazanah usada sebagai kekayaan dalam bidang kesehatan dengan berbagai sistem pengobatan penyakit-penyakit. Dukungan masyarakat terhadap kekayaan pengetahuan lokal itu juga ditandai dengan tersimpannya kekayaan budaya ini di rumah pemilik, pedanda, dan beberapa lembaga. Para pemilik usada juga masih memegang tradisi dalam menjaga warisan budaya nenek moyang mereka. Untuk membuka lontar usada digunakan upacara buka lontar.

Usada adalah ilmu pengobatan tradisional Bali memiliki banyak ajaran dan ajaran itu berkaitan dengan berbagai cara pengobatan dan berbagai upacara dalam penyucian diri. Lontar sebagai sebuah alas tulis dengan aksara Bali sebagai alat tulisnya juga dianggap suci. Tradisi usada di daerah itu masih hidup, bahkan hampir tiap pedanda memiliki lontar usada. Salah satu bukti bahwa perawatan tradisi perobatan berlanjut hingga kini, di antaranya dengan banyaknya pedanda yang masih aktif mengobati masyarakat dan banyaknya koleksi naskah yang dimiliki para pedanda. Naskah usada yang ditulis di atas lontar di Bali sangat besar jumlahnya. Lontar itu dianggap suci termasuk aksaranya. Oleh sebab itu, pada saat membaca atau membuka lontar usada ini, masyarakat Bali yang menjadi pemiliknya selalu mengadakan upacara. Upacara disertai dengan berbagai doa dan perangkat upacara. Lontar usada ini banyak disimpan masyarakat yang di antaranya oleh para pedanda dan banyak lembaga. Lembaga pemilik lontar ini termasuk lembaga adat. Usada adalah istilah untuk sistem perobatan masyarakat Bali yang ditulis di atas lontar dengan bahasa dan aksara Bali.

Dalam Ajaran Hindu yang asalnya dari India dengan empat sumber ajarannya berupa kitam catur veda yaitu: Rg Veda, Sama Veda, Yayur Veda, dan Atharva Veda. Veda ini dikelompokkan menjadi Veda Sruti dan veda Smerti. Pada kelompok Veda Sruti ada sub kelompok yaitu: bagian Mantra, bagian Brahmana (Karma Kanda) dan bagian Upanisad/Aranyaka (Jńăna kanda). Pada bagian kelompok Upanisad ada jenis Purana, jenis Arthasastra,  jenis AyurVeda dan Jenis GandharwaVeda. Pada sub Upanisad jenis Ayurveda inilah adanya ilmu pengobatan yang menyangkut bidang kesehatan jasmani dan rokhani dengan berbagai sistim sifatnya. Kitab Ayurveda ini sebagai sumber ilmu kedokteran Hindu. Ayurveda berasal dari kata Sansekerta, ayur yang berarti kehidupan dan veda berarti pengetahuan. Ayurveda adalah Ilmu yang mencakup seluruh hidup kita, tubuh, pikiran dan jiwa. Dari sinilah diperkirakan asal usul Usadha Bali. Mengingat kata Usadha berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu Usadhi yang berarti obat.

Chat Whatsapp
0